Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan (Antanan)

Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan (Antanan)
Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan (Antanan). Daun pegagan adalah tumbuhan liar yang banyak tumbu dimana saja,berasal dari wilayah asia tropic. Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman akan tumbuh subur bila tanah dan lingkungannya sesuai hingga dijadikan penutup tanah. Jenis pegagan yang banyak dijumpai adalah pegagan merah dan pegagan hijau. 

Pegagan merah dikenal juga dengan antanan kebun atau antanan batu karena banyak ditemukan di daerah bebatuan, kering dan terbuka. Sedangkan pegagan hijau sering banyak dijumpau di daerah pesawahan dan disela-sela rumput. Tempat yang disukai oleh pegagan hijau yaitu tempat agak lembap dan terbuka atau agak ternaungi. Selain itu, tanaman yang mirip pegagan atau antanan ada empat jenis yaitu antanan kembang, antanan beurit, antanan gunung dan antanan air.

Pegagan memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zatvellarine yang ada memberikan rasa pahit.


Manfaat Daun Pagagan

Mengobati Darah Tinggi
Daun pegagan segar sebanyak satu genggam kemudian ditambahkan air 3 gelas sampai sisanya menjadi 3 / 4 nya. Lalu hasil pengolahan ramuan ini kemudian diminum satu hari 3 kali, dan setiap minumnya sebanyak 3 / 4 gelas.

Mengobati Demam
Ramuan dari daun pegagan untuk mengobati demam ini dibuat dengan cara; tumbuk sampai halus 1 genggam daun pepagan segar, kemudian tambahkan sedikit garam dan air. Setelah semua tercampur merata saring campuran tersebut lalu minum airnya di waktu pagi setelah bangun tidur.

Menambah Nafsu Makan
Daun pegagan dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan pada anak atau orang dewasa yang sedang mengalami nafsu makan yang kurang. Caranya, rebus segenggam daun pegagan segar yang sebelumnya telah ditambahkan air sebanyak 2 gelas. Durasi merebusnya kira - kira air yang tersisa tinggal 1 gelas. Selanjutnya minum air rebusan 1 x sehari

Mengobati Mata Bengkak dan Memerah
Cara mengobatinya kita membuat obat tetes mata dari daun pegagan. Karena caranya cukup mudah siapa saja bisa membuatnya sendiri. Pertama daun pegagan segar dicuci sampai bersih, kedua lumatkan sampai lembut, ketiga peras lumatan daun pepagan segar tadi, keempat peras dan saring airnya. Nah, air perasan ini yang kemudian kita jadikan obat tetes. Penggunaannya, kita teteskan ke mata yang sakit sebanyak 3 - 4 kali dalam waktu sehari

Pembengkakan Hati (liver)
daun pegagan juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit liver.caranya Ambil 240 gram - 600 gram pegagan segar, kemudian direbus. Setelah dingin, air rebusannya minum secara rutin.

Mengobati Wasir
Cara pembuatan ramuannya adalah terlebih dulu ambil 3 - 5 batang pegagan sekaligus akar pegagan, tambahkan air putih 2 gelas dan rebus selama kurang lebih 15 menit. Air rebusan ini kemudian diminum secara rutin

Mengobati Gangguan Pencernaan
Nutrisi yang terkandung di dalam daun berkhasiat mampu membersihkan darah, tukak darah serta dapat memperbanyak empedu. Kemudian bagaimana penyajian daun pegagan, cukup dikukus untuk kemudian dijadikan lalapan.

Demikian beberapa tips menggunakan daun pegagan sebagai beberpa obat bagi penyakit,anda dapat mencobanya dan melakukannya secara teratur untuk proses penyembuhan.akan lebih baik bila diiringi dengan pola hidup sehat,olahraga dan istirahat cukup. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga manfaat buah pinang.