Manfaat Kurma untuk Kesehatan


Manfaat Kurma untuk Kesehatan
Manfaat Kurma untuk Kesehatan. Kurma dengan nama latin Phoeniv Dactylifera merupakan salah satu tumbuhan yang dikena paling terkenal dan popular dengan keunikan buahnya. Dengan banyak sekali manfaat dan kaya akan nutrisi tak heran jika buah ini tidak pernah dilupakan untuk selalu dikonsumsi bagi siapa saja, terutama pada bulan Ramadhan ini yang biasanya menjadi salah satu menu takjil untuk berbuka puasa. 

Memang sudah tidak perlu diragukan lagi dengan rasa kurma yang manis dan legit, akan tetapi bagaimana dengan kandungan gizi yang terdapat dalam kurma? Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui nutrisi yang terkandung didalamnya dan hanya mengetahui salah satu dari manfaat kurma dapat memberi tambahan tenaga untuk orang yang lemas, letih dan lesu terutama disaat berpuasa. 

Kurma merupakan salah satu buah yang kompleks dimana didalamnya terdapat Nutrisi diantaranya seperti karbohidrat, serat, protein, air, dan rendah lemak. Juga kaya akan Vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, thiamin, folate dan riboflavin. Serta mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah berbagai manfaat yang terdapat dalam buah kurma.
  

Manfaat Kurma

Meningkatkan Energi 
Kandungan gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa yang terdapat dalam kurma merupakan dapat menjadikan kurma sebagai salah satu sumber atau tambahan energi dengan cepat, terlebih ketika sedang puasa maka seringkali orang mengkonsumsi kurma ketika berbuka untuk memulihkan energi. 

Aman untuk Diabetes 
Selain dapat meningkatkan energi, glukosa, fruktiosa dan sukrosa dalam kurma yang dapat meningkatkan energi, jenis karbohidrat tersebut juga aman bagi pengidap Diabetes Melitus (DM) jadi bagi anda yang memiliki penyakit Diabetes anda dapat mengkonsumsi kurma untuk dapat memenuhi asupan gula dalam tubuh. 

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang 
Kandungan mineral yang terdapat pada kurma seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc, menjadikan buah ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Sehingga mencegah terjadinya penyakit Osteoporosis. 

Serat yang Baik untuk Usus 
Kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut. Serat yang tidak dapat dicerna tubuh pada kurma yang belum matang juga dapat befungsi sebagai prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri pada saluran usus besar pada manusia, sehingga dapat membantu dalam proses percernaan. 

Mengandung Mineral Pencegah Kanker Otak
Kandungan mineral yang tinggi pada kurma seperti boron dapat menjadikan kurma sebagai pencegah kanker otak. Selain itu, dengan anda mengkonsumsi 15 buah kurma sama dengan anda telah memenuhi kebutuhan harian akan 80% magnesium, 70% sulfur, 25% kalium dan 20% kalsium.

Sebagai Antioksidan dan Pencegah Kanker 
Kandungan yang terdapat pada kurma sepeerti polifenol dan karoten dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu pembentukan radikal bebas di dalam tubuh manusia. Jadi baik bagi anda untuk mengkonsumsi kurma setiap harinya yang diduga dapat mencegah kanker karena memiliki kandugan glukan. 

Tidak Mengandung Lemak 
Kurma merupakan salah satu sumber serat yang baik bagi tubuh. Karena menurut Fendy Susanto seorang ahli gizi Nutrifood Research Center menyatakan bahwa kurma tidak mengandung lemak, bebas lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Sehingga bagi anda yang sedang dalam proses penurunan berat dapat mencoba untuk mengkonsumsi kurma untuk tetap memenuhi atau pengganti asupan gula. 

Sebagai Perkembangan Otot 
Kandungan Lysine dalam kurma yang hampir 2000 kali lipat jika dibandingkan dengan apel dan pisang menjadikan kurma sebagai salah satu buah yang dapat bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otot. 

Demikian penjelasan dari beberapa manfaat dari buah kurma, terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Baca juga Manfaat buah mengkudu.

Berlangganan untuk email update gratis: